PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) MELALUI MEDIA FLIPCHART DAN VIDEO DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL DAN GAYA BELAJAR

Tri Andarini, M. Masykuri, Suciati Sudarisman

Abstract


ABSTRAK-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran CTL melalui media flipchart dan media video, kemampuan verbal, gaya belajar dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 - Juni 2012 dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian terdiri atas 4 kelas terbagi menjadi dua kelompok yang diambil secara cluster random sampling. Kelompok I terdiri kelas X3 dan X8 menggunakan media flipchart dan kelompok II terdiri kelas X2 dan X9 menggunakan media video. Data gaya belajar, prestasi afektif, dan psikomotor dikumpulkan dengan metode angket, serta data prestasi kognitif, dan kemampuan verbal dengan metode tes. Data dianalisis dengan ANAVA tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dengan menggunakan software SPSS 18. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran pendekatan CTL melalui media flipchart dengan video terhadap prestasi belajar; 2) ada pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar; 3) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar; 4) tidak ada interaksi antara pembelajaran pendekatan CTL melalui media flipchart dengan video dengan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar; 5) tidak ada interaksi antara pembelajaran pendekatan CTL melalui media flipchart dengan video dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar; 6) terdapat interaksi antara kemampuan verbal dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar; dan 7) tidak ada interaksi antara pembelajaran pendekatan CTL melalui media flipchart dengan video, dengan kemampuan verbal, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar.

Keywords


Media flipchart, media video, kemampuan verbal, gaya belajar, materi vermes.

Full Text:

PDF
rticle

References


Anonym. (2003). Undang UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Anonym. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Ashar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Bobbi De Porter & Mike Hernacki. (2005). Quantum Learning. (Edisi

Terjemahan). Bandung: Kaifa.

Bostrom Lena. (2011). Mid Sweden University. Students ’Learning Styles Compared with their Teacher’, Learning Styles in Secondary Schools. Institute for Learning Styles Journal, Vol 1,1 - 20.

Bowo Sugiarto. (2011). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Ketrampilan Proses. Seminar Nasional FKIP UNS. 201-209.

Dharma Kesuma, Dody Hermana, Dadang Supardan, dan Gunawan.Undang. (2010). Contextual Teaching And Learning. Bandung: Rahayasa Research and Training.

Lenin Vethanayagam, F.S.R. Hemalatha. (2010). Effect of Environmentaal education to School Children Through Animation Based

Education Video. Researcher Scholar, Vol 10.

Patricia Murdock Miller. (2006). Contextual Learning May be a better Teaching Model: A Cace For Higher Order Learning and Transfer. Proceedings of the Academy of educational leadership, Volume 11, Number 2.

Rahayu Sri Sulistyawati. (2011). Pembelajaran IPA model Contextual Teaching And Learning menggunakan Animasi berbasis Flash dan Interactive Video ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Richard E. Mayer and Laura J. Massa. (2003). University of California. Three Facets of Visual and Verbal Learners: Cognitive Ability, Cognitive Style, and LearningPreference. Journal of Educational Pshychology. Vol 85 (4), 833- 846.

Robert G. Berns and Patricia M. Erickson. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highlight Zone Research @ work, 5, 1-8.

Sri Anitah. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: UNS Press.

Suciati Sudarisman. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Proceeding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIP UNS Tema: Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. 237-243

Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana prima.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi

Informasi&Komunikasi Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2658

Refbacks



Copyright (c) 2016 Bioedukasi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.