PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI MODEL FORMAL DAN INFORMAL HANDS ON ACTIVITIES DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Rina Restanti, Sarwanto Sarwanto, Suciati Sudarisman

Abstract


ABSTRAK- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penerapan pembelajaran model formal dan informal hands on activities, pengaruh kreativitas dan sikap peduli lingkungan, serta interaksinya terhadap prestasi belajar biologi pada materi Plantae. Penelitian menggunakan metode eksperimen, desain faktorial 2 x 2 x 2 dengan melibatkan dua kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol yaitu kelas XA dan XD, semester genap tahun pelajaran 2011-2012 di SMA Negeri 3 Madiun. Teknik sampling adalah teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar ranah kognitif, sedangkan ranah afektif dan psikomotor diperoleh dari hasil penggabungan antara observasi dengan tes. Analisis data menggunakan uji anava tiga jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada pengaruh model formal dan informal hands on activities terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, (2) ada pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, (3) ada pengaruh sikap peduli lingkungan tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran (formal dan informal hands on activities) dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, (5) ada interaksi antara model pembelajaran (formal dan informal hands on activities) dengan sikap peduli lingkungan terhadap prestasi kognitif, sedang untuk afektif dan psikomotor tidak ada, (6) tidak ada interaksi antara kreativitas dengan sikap peduli lingkungan siswa terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, (7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran (formal dan informal hands on activities), kreativitas dan sikap peduli lingkungan siswa terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.

Keywords


CTL; prestasi belajar; kognitif; afektif; psikomotor

Full Text:

PDF
rticle

References


Amin, M. (2007). Pembelajaran Sain Kontekstual Melalui Hands on Activity. (Online). Tersedia: http://lubisgrafura.wordpress.Com/2

/09/09

Amri, S dan Ahmadi, I.K. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Azwar,S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Budiman, A. (2011). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. UPI._(Online). Tersedia:

http://repository.upi.edu/operator/upload/s pgsd 0810275 chapter2.pdf

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Deen, I.S and Smith, B.P. (2006). Contextual Teaching and Learning Practices in The Family and Consumer Sciences Currriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education, Jurnal 24 (1): 14-27.

Depdiknas. (2003). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, A.F. (2011). Pembelajaran Sains Fisika Berbasis Hands On Activitiy Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil belajar Dan Mengembangkan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2009 / 2010. (Online). Tersedia :http://lib.unnes.ac.id/9217/.

Dikbud KBRI Tokyo. (2003). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online).

Tersedia : http://www.inherent- dikti.net/files/sisdiknas.pdf

Haury, D.L. and Rillero, P. (1994). Perspectives of Hands- on Science Teaching, (Online). Tersedia: http://www .ncrel.org/sdrs/areas/iss

ues/content/cntareas/science/eric/eric-1.htm

Mulyono, S. (2008). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pemahaman Materi Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Program S1- PGSD Wilayah Kabupaten Sragen. Tesis Program Pasca Sarjana. UNS.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanti. (2009). Pembelajara Biologi Dengan Group Investigation melalui Hands On activities dan E¬learning ditinjau dari Kreativitas dan Gaya Belajar Siswa. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan Sains dalam Mengembangkan

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Untuk Pembangunan Karakter. UPI. (Online). Tersedia:(http://sembio.fkip.uns.ac .id/wpcontent/uploads/2011/07/Pendidikan-dan-Penelitian-Sains-HOT1.pdf)

Sandifer, C & Haines, S. (2009). Elementary Teacher Perceptions of Hands-On Science Teaching in an Urban School System: The Greater Educational Context and Associated Outcomes. Towson University Research in Higher Education Journal: 1-17.

Schudel, I, Roux, C.L, Sisitka, H.L, Loubser, C, Donoghue, R and Shallcross, T. (2008). Contextualising learning in Advanced Certificate in Education (Environmental Education) courses: synthesising contexts and experiences. South African. Journal of education. 28: 543-559.

Shyr, W.J & Hsu, C.H. (2010). Hands-on Activities to Enhance Renewable Energy Learning, Global Journal of Engineering Education. 12 (1):24-29.

Suciati. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Prosiding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi di FKIP UNS.

Sudarko, R.A. (2011). Developing Creativity Multi Intelligance. (Online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/3035/1/Developing Creative.pdf

Suminto. (2009). Peningkatan Minat Belajar Biologi Materi Tumbuhan Angiospermae dengan Menggunakan Local Material Learning Pada Siswa Kelas X-4 Semester Genap SMTA MTA Surakarta Tahun 2008/2009. DIDAKTIKA. 1 (3):529-540.

Toharudin, U, Hendrawati, S, dan Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wasis. (2006). Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP, Cakrawala Pendidikan XXV (1): 1¬16.

Yasin, R.M, Rahman, S, Musthapa, R, and Tahir, K. (2011). Development of Generic Employability Skill Through Peer Interavtion and Contextual Teaching and Learning in Community Colleges. World Applied Sciences Journal 15 (Innovation and Pedagogy for Life Long learning):1-6.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Bioedukasi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.