PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HOME DAN CLASSROOM SCIENCE PROCESS SKILL DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN RASA INGIN TAHU
Abstract
2 x 2 x 2 dan frekuensi sel tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. metode eksperimen menggunakan pendekatan Home dan Classroom Science Process Skill memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar; 2. tidak ada pengaruh antara sikap ilmiah terhadap prestasi belajar; 3. tidak ada pengaruh antara rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar; 4. tidak ada interaksi antara pendekatan Home dan Classroom Science Process Skill dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar; 5. tidak ada interaksi antara pendekatan dengan
rasa ingin tahu dengan prestasi belajar; 6. tidak ada prestasi interaksi antara sikap ilmiah dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar; 7. tidak ada interaksi antara metode eksperimen, pendekatan Home dan Classroom Science Process Skill, sikap ilmiah, dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas , (2003) UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta, Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.
Hamzah. (2008). Teori Belajar Kontruktivisme.
http:// akhmadsudrajat.wordpress.com
Meltem Duran, Oguz Azdemir. (2010). The effect of scientific Process skills based Science Teaching on Student’ Attitudes toward Science. US-China Education Review. (2010: 17 - 28).
Pudyo Susanto. (1992). Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Malang: F MIPA UM
Ratna Wilis Dahar. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Tilaar, H. A. R. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.
Talib, Alkiyuni M. (2009). Instructional Strategies Of Intrinsic Motivation And Curiosity For Developing Creative Thinking. 14th International
Conference on thingking (2009 Malaysia). Malaysia: University Sains Malaysia
Wenno, LH. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti
Media.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.