Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Fisafat Pendidikan menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning dan Problem Based Learning

Annur Indra Kusumadani

Abstract


Pembelajaran biologi saat ini umumnya lebih terpusat pada dosen, dimana dosen menjadi sumber pengetahuan sehingga mahasiswa hanya mengandalkan informasi dari dosen dalam proses pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga lebih sering menghafal konsep dan bukan menemukan konsep. Hal tersebut mengakibatkan mahasiswa menjadi pasif dan hasil belajar serta keterampilan proses sains rendah. Alternatif untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning dan problem based  learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar filsafat pendidikan mahasiswa pendidikan biologi UMS semester 1 gasal 2018/2019 menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning dan problem based learnin. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning Dan Problem Based  Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment (eksperimen semu). Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Two Independent Sample  Test (Uji Mann Withney U) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar filsafat pendidikan mahasiswa pendidikan biologi UMS semester 1 gasal 2018/2019 menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning dan problem based learnin. Nilai rata-rata dari kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning sebesar 76,71 dengan nilai terendah 61,17 dan nilai tertinggi 96,70. Sedangkan nilai rata-rata dari kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning 81,50 dengan nilai terendah 66,81 dan nilai tertinggi 92,30.

Keywords


Guided Inquiry learning; Problem Based learning; assessment

Full Text:

PDF
rticle

References


Ambarsari, Wiwin; Santosa, Slamet; dan Maridi. 2013. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pembelajaran Biologi Mahasiswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta”. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Vol 5. No 1.

Kristanto, Yono Edy. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Mahasiswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Vol 22. No 2.

Kusumadani, A. I. 2013. “Proceeding Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sans Dan Budaya Penelitian Sains Menuju Indonesia Maju”. Surakarta: Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kusumadani, A. I. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Kuliah Biologi lingkungan Berbantuan Microsoft Office dan VBA. Jurnal Bioedukasi. No 9. Vol 2.

Kusumadani, A. I. (2017). Pengembangan Tes Uraian Interaktif pada Mata Kuliah Biologi Lingkungan Berbantuan Microsoft Office dan VBA. Jurnal Bioedukasi. No 10. Vol 1.

Muhson, Ali. 2009. “Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning”. Jurnal Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 39. No 2.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen. Jakarta: Rajawali Press.

Yasmin, Nur; Ramdani, Agus; dan Azizah, Afriana. 2015. “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Kelas VIII Di SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pijar MIPA Universitas Mataram. Vol 10. No 1.

Yaumi; Wisanti; dan Admoko, Setyo. 2017. “Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa SMP Kelas VII”. E-Journal Pensa FMIPA UNESA. Vol 5. No 1.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i2.26184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi




BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta