Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan

Nadaa Cintya Paramita, Harlita Harlita, Dewi Puspita Sari, Dewi Widowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar biologi siswa kelas XI SMA responden melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media puzzle pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data utama berupa hasil observasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran koopreratif  Teams Games Tournament (TGT) dengan media puzzle. Data pendukung berupa dokumentasi dan wawancara. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Presentase keaktifan siklus I adalah 59,84% dengan kualifikasi cukup tinggi, presentase keaktifan siklus II meningkat menjadi 74,94% dengan kualifikasi keaktifan tinggi. Indikator keberhasilan sudah tercapai, yaitu presentase keaktifan ≥60% dengan kualifikasi keaktifan tinggi. Presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 61,36%,  presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 93,18%. Terjadi peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa.


Keywords


teams games tournament (tgt); puzzle; student’s activeness; action research; tissues of plants

Full Text:

PDF
rticle

References


Aliffah, Nur dkk. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran TGT dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia UNS (JPK). Vol.2 No. 4.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, Wahyu., Firosalia Kristin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1 (3): 155-162.

Fajri, Nurul., Anwar Yoesoef., Muhammad Nur. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 1 (1): 98-109.

Kristiana, Ina., Atip Nurwahyunani., Endah Rita Sulistya Dewi1. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioma. 6 (2).

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press. Miles, Matthew B., A. Michael Huberman . (2009). Analisis Data Kualitatif . Jakarta: UI Press.

Murwindra, Rosa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournaments) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di Kelas XII TKJ SMK Yapim Siak Hulu. Perspektif Pendidikan dan Keguruan. 8 (1). ISSN 1411-3570.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i2.25554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.