Analisis Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi berbasis Inkuiry di IKIP Budi Utomo Malang

Purwaning Budi Lestari, Triasih Wahyu Hartati

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisa pengembangan bahan ajar mikrobiologi berbasis inkuiry di IKIP Budi Utomo Malang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974). Model 4D memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Pada penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop. analisis data menggunakan statistik Deskriptif untuk menentukan kriteria kelayakan sebuah produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media pembelajaran kategori sangat layak dengan nilai persentase 92,75%, validasi dari ahli materi dengan persentase 89,2% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa dengan persentase 66,6% dengan kategori cukup layak. Dilanjutkan uji keterbacaan oleh mahasiswa dengan nilai persentase 82,2% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa buku ajar mikrobiologi yang dikembangkan sangat layak untuk dapat dipergunakan.

Keywords


Microbiological teaching materials, inkuiry

Full Text:

PDF
rticle

References


Agil L & Dasrieny P. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nilai Karakter Pedulu Lingkungan Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI VOL. 6. NO 2. NOP 2015

Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation: Second Edition. USA: Corwin Press.

Moog, R.S., Creegan, F.J., Hanson, D.M, Spencer, J.N, Straumanis, A. & Bunce, D.M. 2009. POGIL: Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Dalam N.J. Pienta., M.M. Cooper. & T.J. Greenbowe (Eds.), Chemists’ Guide to Effective Teaching Volume II, (90-101). USA: Pearson Prentice Hall.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Slavin, R.E. 1992. Research Methods in Education, 2nd Ed. USA: Allyn and Bacon.

Sugeng Nugroho, Suparmi & Sarwanto. (2012). Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiry Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Vituil Ditinjau Dari Kemampuan Memorial Dan Gaya Belajar Siswa. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (hal 235-244)

Suwarni. E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal BIOEDUKASI VOL. 6. NO 2. NOP 2015

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. 1974. Instructional Developmentfor Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Krisnawati, H. 2006. Keterampilan ProsesSains Siswa SMP dalam Praktikum IPA Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester I. Abstrak Penelitian. Digital Library Universitas Negeri Malang, (online),

Witha Nurul Andriaty, Yusuf Hilmi Adisendjaja & Ammi Syulasmi. 2014. Analisis Kesesuaian Cakupan Materi Dalam Bahan Ajar Dengan Kompetensi Dasar Pada Buku Teks Biologi SMP. Formica Education Online, Volume 1, Nomor 1, Januari 2014.UPI




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.11332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.