The Effectiveness of QR Code-based Interactive Learning Media for Science Subjects

Dwi Widiyanto, Sri Surachmi W., Khamdun Khamdun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan non randomized control group, pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Blingoh sebagai kelas eksperimen dengan aktivitas pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code pada mata pelajaran IPA dan SDN 3 Blingoh sebagai kelas kontrol dengan aktivitas pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan hasil skor pretest-posttest. Data keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code pada mata pelajaran IPA dianalisis menggunakan uji N gain dan uji sample yang dibantu program SPSS. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code pada mata pelajaran IPA. Pada uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,020 < 0,050, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis qr code dengan model konvensional.

Keywords

media pembelajaran interaktif, qr code, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.