Development of Horay Course Review Learning Model Assisted by Pasutar Media in Elementary Mathematics Learning: Needs Analysis

Etha Fauziyyatul Amiiroh, Sri Utaminingsih, Mochammad Widjanarko

Abstract

Model Pembelajaran Horay Course Review dengan bantuan media pasutar merupakan gabungan penerapan model pembelajaran CRH dengan permainan tradisional ular tangga untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran CRH dengan bantuan media pasutar untuk siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data utama diperoleh langsung oleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 2 Medini. Kegiatan analisis kebutuhan diawali dengan analisis kurikulum (kompetensi inti dan kompetensi dasar), analisis guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sintaksis model pembelajaran berbantuan media yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum; (2) guru dan siswa membutuhkan model pembelajaran CRH berbantuan media untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH berbantuan media pasutar sangat dibutuhkan oleh siswa kelas III SD.

Keywords

Course Review Horay, Media Pasutar, Pembelajaran Matematika SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.