Analysis of Whatsapp Group Based Online Learning to Grow Early Childhood Moral

Nanik Ismiati, Mochammad Widjanarko, Agung Slamet Kusmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring berbasis whatsapp group untuk menumbuhkan moral anak usia dini di TK Pertiwi Mlatinorowito. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil observasi dan wawancara di TK Pertiwi Mlatinorowito, serta sumber data sekunder berupa pustaka, dokumen, catatan yang menyebutkan pokok permasalahan. Teknik analisis data yaitu terjun ke lapangan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Pertiwi Mlatinorowito menumbuhkan moral anak usia dini dengan dukungan dan kerjasama kepala sekolah, guru, dan orang tua melalui whatsapp group. Karakter disiplin mengalami peningkatan yaitu selalu datang tepat waktu, mampu memperkirakan waktu yang dibutuhkan, menggunakan benda sesuai kemampuan, mengambil dan mengembalikan benda, berusaha mengambil keputusan yang telah disepakati, menunggu giliran, dan menyadari akibat jika tidak disiplin. Dukungan kepala sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran daring melalui grup whatsapp yaitu menginstruksikan guru untuk menyediakan lembar rencana pembelajaran, memberikan saran bagi orang tua yang kurang fasilitas untuk bergabung dengan orang tua lainnya, memberikan motivasi kepada anak dalam bentuk hadiah, dan memberikan waktu 4 hari untuk mengerjakan tugas.

Keywords

Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini, Whatsapp

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.