Development of Educational Game Water Cycle Materials for Elementary School Grade 5 Students
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan permainan edukatif tentang siklus air untuk siswa sekolah dasar kelas V. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini terdiri dari 10 tahap yang peneliti simpulkan menjadi 7 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Teknik yang dipilih dalam pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V Dabin I dan siswa kelas V di Kecamatan Dabin I Lasem. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 94,4% dengan kategori sangat layak. Kemudian media permainan edukatif interaktif tersebut diaplikasikan pada kelas eksperimen dan hasil perhitungan N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Uji efektivitas dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,425 pada ttabel dengan a = 5% diperoleh 2,012, sehingga hasil thitung > ttabel. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media permainan edukasi interaktif dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.