The Effectiveness of Discovery Learning Models Towards Mathematics Learning Achievements of Elementary Students

Dwi Yuniastuti, Slamet Utomo, Sri Surachmi W.

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kabupaten Demak dikarenakan pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang inovatif, membuat siswa terjebak dalam rutinitas, banyak menghafal, media pembelajaran kurang, sehingga siswa tidak mengetahui makna atau kegunaan dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kabupaten Demak yang berjumlah 95 siswa. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji paired sample T dan perhitungan gain index. Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan nilai mean 90,0 > 61,45 dan Thitung 12,959 > Ttabel 199897 dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Keywords

Discovery Learning, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.