Development of Rembang Tradition-Based Storybooks to Improve Students' Reading Skills

Aminah Aminah, Mohammad Kanzunnudin, Irfai Fathurohman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development yang mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisis data penelitian ini dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I V SDN 1 dan SDN 2 Karanganyar (eksperimen) dan SDN Mojokerto (kontrol). Hasil penelitian analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara menemukan bahwa media ajar belum sesuai dengan kenyataan di daerah tempat tinggal siswa (Rembang) sehingga perlu dikembangkan buku cerita berbasis Tradisi Rembang. Perancangan pengembangan buku cerita melalui proses analisis rencana pelaksanaan, penentuan tema, tujuan, sumber belajar, pembuatan buku, pembuatan sampul buku, perancangan isi buku, penulisan huruf Arial ukuran 14 dan lem jilid. Validasi ahli media memperoleh skor 91,6% kategori valid (sangat layak), ahli materi memperoleh skor 17,75 (valid). Angket respon siswa diperoleh (93%) dalam kategori sangat suka. Angket guru memperoleh skor 96% (sangat suka). Simpulan pengembangan Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang memenuhi analisis kebutuhan dan kelayakan untuk pembelajaran siswa.

Keywords

Buku Cerita, Tradisi Rembang, Keterampilan Membaca Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.