Perceptions of Tourism Promotion and Business Challenges in Makassar: A Survey on Digital Marketing Effectiveness for Tourism Businesses

Maryam Yusuf, Intan Fauzia Amalia, Faisal Akbar Zaenal

Abstract

Kota Makassar sebagai destinasi wisata semakin meningkat khususnya untuk daya tarik budaya, sejarah, dan alamnya sehingga sangat penting untuk mengeksplorasi pemasaran digital dalam mempromosikan pariwisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran pemasaran digital dalam mempromosikan pariwisata di Makassar, dengan fokus pada tantangan yang dihadapi oleh pelaku bisnis pariwisata lokal dalam memanfaatkan platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap 13 generasi milenial yang mengunjungi Anjungan Pantai Losari, sebagai destinasi wisata populer di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial melalui Instagram dan TikTok, memainkan peran penting dalam menarik wisatawan dengan menampilkan konten visual yang menarik. Namun, tantangan seperti keterbatasan literasi digital, keterampilan teknis yang kurang memadai, dan ketidakkonsistenan kehadiran online di berbagai platform menghambat efektivitas upaya pemasaran digital. Selain itu, kurangnya informasi detail tentang paket wisata dan terbatasnya anggaran untuk iklan digital menjadi hambatan besar bagi bisnis lokal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemasaran digital memberikan peluang untuk promosi pariwisata tetapi dalam berbisnis memerlukan sebuah investasi untuk meningkatkan kemampuan digital, membuat konten yang menarik, dan memanfaatkan platform secara strategis untuk meningkatkan jangkauan. 

Keywords

Media sosial, promosi, tantangan bisnis, Kota Makassar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.