Differentiated learning is a way to enhance students' reading skills

Yusuf Trenggono, Retno Winarni, Triyanto Triyanto

Abstract

Pembelajaran diferensiasi dikenal sebagai serangkaian praktik kelas yang memfasilitasi perbedaan dan kebutuhan siswa, misalnya (minat, pengetahuan awal siswa, kebutuhan sosialisasi siswa, dan zona nyaman belajar siswa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) untuk meninjau dan menganalisis literatur yang terkait dengan efektivitas pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. 13 artikel Q1-Q4 bersifat final untuk analisis yang bersumber dari science direct scopus. Hasil analisis berbagai artikel menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi secara konsisten meningkatkan pemahaman membaca, pengetahuan kosakata, dan keterlibatan siswa. Faktor-faktor kunci keberhasilan meliputi pemahaman kebutuhan siswa, fleksibilitas guru, dan penggunaan data penilaian yang efektif. Komponen utama meliputi adaptasi konten, proses, dan produk pembelajaran, serta penilaian berkelanjutan. Pendekatan ini terbukti efektif untuk berbagai kelompok siswa, termasuk pembelajar multibahasa. Implikasi dari penelitian ini meliputi perlunya pengembangan profesional guru, alokasi sumber daya yang tepat, dan penyesuaian kurikulum pendidikan guru untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi.

Keywords

Pembelajaran terdiferensiasi, Tinjauan pustaka sistematis, keterampilan membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.