The Potential of Mind Mapping Learning Model on Students' Creative Thinking Skills
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan pada diri peserta didik di era pendidikan modern. Model pembelajaran mind mapping hadir sebagai salah satu pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA, menggunakan artikel yang diperoleh dari penerbit Elsevier (Science Direct) dengan indeks acak dari Q1 sampai dengan Q4. Hasil analisis artikel menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Efektivitas model ini dapat dilihat dari beberapa aspek: (1) Mendorong aktivitas peserta didik yang aktif dan kreatif, (2) Memudahkan visualisasi hubungan dan kaitan antar konsep, (3) Meningkatkan pemahaman dan retensi informasi melalui penggunaan warna, gambar, dan kode. Artikel tersebut mendukung menunjukkan bahwa mind mapping setara atau bahkan lebih unggul dibandingkan beberapa model pembelajaran lain seperti Think Talk Write (TTW) dan problem-based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Namun, terdapat beberapa tantangan potensial dalam penerapannya, seperti kesulitan awal bagi siswa dalam mempelajari teknik pemetaan pikiran. Implikasi dari temuan ini mengarah pada rekomendasi untuk mengintegrasikan model pembelajaran pemetaan pikiran ke dalam kurikulum pendidikan untuk mengoptimalkan pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.