The Effect of CLIS (Children Learning in Science) Learning Model on Critical Thinking Skills on Power Materials Class IV in Kecamatan Kedawung

Risca Ayu Arieshandy, Peduk Rintayati, Triyanto Triyanto

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan kemampuan berpikir kritis untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi gaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode True Experiment Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 865 orang dari 35 SD Negeri yang ada di Kecamatan Kedawung dan sampelnya adalah 6 SD Negeri. 3 SD Negeri untuk kelompok eksperimen sebanyak 66 siswa menggunakan model pembelajaran CLIS dan 3 SD Negeri untuk kelompok kontrol sebanyak 65 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes uraian kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat ukuran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan uji hipotesis Independent Sample t-test diperoleh nilai posttest nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (α = 0,05) dan nilai t hitung sebesar 2,621 > t tabel 1,669, artinya diterima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi gaya.

Keywords

Model Pembelajaran, CLIS, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.