Teachers' Perceptions of The Application of Anti-Bullying Education to Improve Character Education in Primary Schools

Nita Dewi Nurdianawati, St. Y. Slamet, Mintasih Indriayu

Abstract

Artikel "Persepsi Guru tentang Penerapan Pendidikan Anti-Bullying untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar" mengeksplorasi pandangan pendidik tentang pengintegrasian inisiatif anti-bullying untuk meningkatkan pendidikan karakter di sekolah dasar Indonesia, di mana bullying merupakan isu yang signifikan. Agresi ini terjadi di berbagai latar, berkontribusi pada peningkatan insiden kekerasan di kalangan mahasiswa. Pendidikan karakter merupakan strategi kunci untuk perkembangan moral pada tingkat ini. Dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, penelitian ini mewawancarai 30 guru dari forum Komunitas Belajar di Kabupaten Pracimantoro, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,7% pendidik memahami pendidikan anti bullying, dan semuanya menyepakati efektivitas program anti bullying di sekolahnya dalam meningkatkan karakter siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan program-program ini secara efektif mengurangi kekerasan dan mendorong pengembangan karakter, terutama ketika para pendidik menyadari pentingnya mereka dan menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan siswa mereka.

Keywords

pendidikan anti bullying, pendidikan karakter, persepsi guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.