Implementation of Holistic Learning in the Independent Curriculum

Astuti Yuniati, Sri Marmoah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Pembelajaran holistik mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan penerapan kurikulum merdeka. Pembelajaran ini sangat penting untuk dilaksanakan, namun belum sepenuhnya diterapkan pada kurikulum merdeka. Penelitian ini membahas bagaimana penerapan pembelajaran holistik dalam kurikulum merdeka melalui pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran holistik pada kurikulum merdeka, dan 2) mengeksplorasi implementasi pembelajaran holistik pada kurikulum merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis isi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pesertanya adalah siswa-siswi salah satu SD swasta di Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran secara holistik meliputi perencanaan program kegiatan sekolah dengan melibatkan berbagai stakeholder. Penerapan pembelajaran holistik dilakukan dengan memperhatikan berbagai kecerdasan majemuk dengan mengembangkan aspek spiritual, estetika, fisik, intelektual, emosional, dan sosial dan dilaksanakan terintegrasi melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Keywords

Pembelajaran Holistik, Kurikulum Merdeka, Intrakurikuler, Kokurikuler, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.