Analysis of Teacher Readiness in Teaching Mathematical Reasoning Skills

Muh Khafid Wahyu Nugroho, Peduk Rintayati, Fadhil Purnama Adi

Abstract

Guru sebagai salah satu komponen utama dalam pembelajaran perlu memiliki kesiapan pengajaran yang baik untuk mengajarkan kemampuan penalaran matematis di Sekolah Dasar. Namun kemampuan penalaran matematis peserta didik saat ini masih dalam level kurang baik. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu untuk: 1) mendeskripsikan kesiapan guru dalam penguasaan bahan ajar, 2) mendeskripsikan kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran, dan 3) mendeskripsikan kesiapan guru dalam melaksanakan penilain pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis interaktif. Tes pemahaman kemampuan penalaran matematis berupa angket dan wawancara semi terstruktur yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan bahan ajar dan perencanaan pembelajaran yang dimiliki oleh guru terkait kemampuan penalaran matematis dalam tingkat yang baik. Sedangkan kesiapan guru dalam melaksanakan asesmen masih menunjukkan tingkat yang kurang baik. Hal tersebut dikarenakan guru kurang memberikan perhatian untuk melaksanakan penilaian penalaran matematis. Selain itu, guru cenderung lebih memilih menggunakan tes pilihan ganda. Namun, para guru berkomitmen untuk meningkatkan kompetensinya agar dapat melaksanakan penilaian tentang kemampuan penalaran matematis dengan lebih baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu kesiapan guru telah menunjukkan tingkat yang baik, namun guru perlu meningkatkan kesiapan dalam melaksanakan penilaian penalaran matematis.

Keywords

kesiapan guru, penalaran matematis, perencanaan pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.