The Creative Process in Music Composition of Higher Level Music Students in the International Baccalaureate Diploma Program at Pradita Dirgantara High School

Vinsensia Gunita Putri, Mulyanto Mulyanto, Endang Widiyastuti

Abstract

Penelitian ini menyelidiki proses kreatif dalam komposisi musik siswa musik Higher Level (HL) pada program diploma kurikulum International Baccalaureate (IB). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian art practice as research. Penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang mengambil musik Higher level. Dengan memanfaatkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kreatif melalui empat tahap : Musical practice (Pembuatan komposisi), Informed Musical Practice (memperoleh pengetahuan yang relevan), Informed-Reflective in and Through Practice (refleksi terstruktur), dan final composition (hasil akhir komposisi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori perkembangan kognitif Jean Piaget menunjukkan bahwa siswa memulai dengan pengetahuan sebelumnya (asimilasi), dan beradaptasi melalui proses akomodasi selama pembuatan komposisi musik. Mereka menghadapi tantangan untuk mencapai keseimbangan (ekuilibrasi) yang bervariasi, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai asesmen musik dalam kurikulum IB. Simpulan penelitian ini adalah melalui hasil komposisi yang meliputi unsur musik (bentuk lagu, motif lagu, pola ritme, melodi, dan kalimat tanya lagu, dan kali`mat jawab lagu) menjadi gambaran karakteristik karya komposisi yang diciptakan oleh siswa HL, hal ini dibuktikan melalui hasil nilai asesmen IB yang dilakukan oleh siswa musik HL.   

Keywords

Komposisi musik, perkembangan kognitif, proses kreatif, kurikulum International Baccalaurate

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.