Implementation of Learning Modules to Improve the Oral Communication Skills of Class IV Elementary School Students

Tya Maulia Latif, Sudiyanto Sudiyanto, Chumdari Chumdari

Abstract

Keterampilan komunikasi lisan peserta didik di sekolah dasar belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) modul pembelajaran yang dibutuhkan pendidik untuk meningatkan kemampuan komunikasi lisan peserta didik sekolah dasar, 2) modul pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan peserta didik sekolah dasar. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas IV sekolah dasar yang mengalami kesulitan komunikasi lisan dan objek penelitian ini adalah modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui pengamatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sangat tertarik dengan modul pembelajaran ini. modul pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan peserta didik sekolah dasar selain itu, validasi materi dan media pembelajaran juga menyatakan bahwa modul ini sangat sesuai dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran peserta didik. oleh karena itu, modul pembelajaran ini dianggap sangat menarik dan efektif untuk digunakan. penelitian ini diharapkan dapat diteruskan dengan penambahan materi pada modul pembelajaran dan implementasnya dalam proses pemebelajaran lebih lanjut.

Keywords

Modul pembelajaran, Komunikasi lisan. Sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.