Analysis of the Impact of PBL Implementation Assisted by Pouch of Unit on the Ability to Count Units of Weight in Elementary School Learners

Ibnu Sadono, Riyadi Riyadi, Sandra Bayu Kurniawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media kantong satuan terhadap peningkatan kemampuan berhitung satuan berat pada siswa kelas V SD. Pendekatan kualitatif diterapkan melalui metode studi kasus untuk mengeksplorasi pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah yang difasilitasi dengan media kantong satuan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan kuesioner dengan 25 siswa sebagai responden, Observasi kelas difokuskan pada aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, sedangkan wawancara menggali persepsi siswa terhadap pembelajaran. Data kuesioner dianalisis secara kualitatif untuk menggali lebih dalam tanggapan siswa. Triangulasi data dilakukan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas temuan.. Penerapan model pembelajaran inovatif ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik, tetapi juga memberikan dampak positif pada pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Peserta didik menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam mengekspresikan ide-ide mereka dan kemampuan untuk menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan media kantong unit tidak hanya memperkuat fokus tetapi juga meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Kesimpulannya, penerapan PBL berbantuan media kantong satuan efektif meningkatkan kemampuan perhitungan berat satuan peserta didik, serta membantu mereka memahami konsep berat satuan secara konkret melalui manipulasi langsung. Temuan ini menunjukkan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam penerapan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

PBL, kantong satuan, berhitung, satuan berat, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.