Perception of school community towards the use of Augmented Reality digital media on students' critical thinking in Elementary School

Saki Saki, Budi Usodo, Eka Budhi Santosa

Abstract

Kemajuan teknologi menghadirkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang mampu memberikan pengalaman belajar interaktif untuk membantu siswa memahami konsep sulit dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa, mengeksplorasi cara guru mengembangkan kemampuan tersebut, serta mengetahui persepsi terhadap penggunaan AR. Pendekatan kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada siswa dan guru di beberapa sekolah dasar. Siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang bervariasi dengan potensi yang umumnya baik. Sebagian besar responden memiliki persepsi positif terhadap AR sebagai alat pembelajaran yang meningkatkan motivasi dan keterlibatan.Integrasi teknologi AR ke dalam kurikulum disarankan untuk memaksimalkan pengalaman belajar siswa.

Keywords

Persepsi Warga Sekolah, Penggunaan Media Digital AR, Berpikir kritis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.