The Effectiveness of the Small Group Disuccion Learning Model in Improving Critical Thinking Skills

Dewi Susilowati, Sukarno Sukarno, Karsono Karsono

Abstract

Model pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil memiliki urgensi yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan bukti empiris. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan seleksi artikel melalui PRISMA Flow. Data diperoleh dari artikel terindeks di penerbit Elsevier (ScienceDirect) dengan rentang Q1-Q4 yang dipilih secara acak. Melakukan pencarian kata kunci ("kelompok kecil" ATAU "berbasis tim" ATAU "kolaboratif" ATAU "kooperatif") DAN "diskusi" DAN ("model pembelajaran" ATAU "pedagogi" ATAU "pendekatan pendidikan") DAN ("berpikir kritis" ATAU "berpikir analitis" ATAU "pemecahan masalah" ATAU "penalaran logis"). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinjauan artikel tentang model Diskusi Kelompok Kecil efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui komponen utamanya seperti dialog argumentatif, interaksi teman sebaya, dan pemecahan masalah kolaboratif. Dibandingkan dengan metode lain, model ini memberikan kepuasan tertinggi bagi siswa dan skor tertinggi dalam penilaian berpikir kritis. Namun, efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada topik pembelajaran. Proses kognitif yang terlibat meliputi penalaran, pemecahan masalah, dan kemampuan untuk memberikan argumen. Implikasinya, pendidik perlu mempertimbangkan penggunaan model Diskusi Kelompok Kecil untuk mengoptimalkan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan memperhatikan karakteristik materi dan kebutuhan siswa

Keywords

Kelompok Kecil, Keterampilan Berpikir Kritis, Tinjauan Literatur Sistematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.