Student’s Needs Analysis for the Developing Science E-Modules Based on Guided Inquiry to Improve Science Literacy

Fajar Fitriadi, St. Y. Slamet, Moh Salimi

Abstract

Literasi sains merupakan sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik pada perkembangan abad ke-21. Literasi sains dikembangkan melalui berbagai cara dengan memanfaatkan metode, model, dan media inovatif yang berupa e-modul. Penggunaan e-modul sebagai sarana pembelajaran dalam sains sering kali hanya berfokus pada penyelesaian tugas-tugas tanpa memberikan dorongan yang memadai untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Kurangnya interaktivitas dan kesempatan untuk eksplorasi dalam e-modul juga menjadi faktor yang menghambat peningkatan literasi sains. Analisis kebutuhan pengembangan e-modul untuk meningkatkan literasi sains perlu dilakukan karena e-modul merupakan salah satu bahan ajar yang menjadi acuan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pengembangan e-modul IPA berbasis guided inquiry dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sekolah dasar di kota Palembang, Sumatera Selatan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, ditinjau dari kebutuhan pembelajaran di kelas dan bahan ajar berupa e-modul. Data dikumpulkan menggunakan angket dan wawancara, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan sebanyak 91 persen peserta didik mempersepsikan dirinya membutuhkan pengembangan e-modul dalam pembelajaran yang dapat memunculkan keterampilan literasi sains.

Keywords

e-modul, literasi sains, guided inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.