The Effectiveness of The School Literacy Movement with Illustrated Historical Storybook Media on Reading Skills in Grade II Elementary School Students in Selogiri Sub-District

Nila Febreiyani, Rukayah Rukayah, Septi Yulisetiani

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan literasi sekolah (GLS) dengan media buku cerita sejarah bergambar terhadap keterampilan membaca. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes membaca. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil analisis data memberikan nilai korelasi (R) = 0.572; koefisien determinasi R Square = 0,863; untuk nilai signifikan sebesar 0.00 < 0,05 mendapatkan nilai t hitung 2,407 > t tabel 1.663 yang artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelian adalah gerakan literasi sekolah (GLS) dengan media buku cerita sejarah bergambar efektif terhadap keterampilan membaca pada peserta didik kelas II sekolah dasar di kecamatan Selogiri, dengan kontribusi pengaruh sebesar 86.5%

Keywords

GLS, media pembelajaran, buku cerita, keterampilan membaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.