Utilization of Flipbook Media in Indonesian Language Learning at Elementary School
Abstract
Rendahnya hasil belajar karena suasana pembelajaran yang kurang bermakna dan kurang menyenangkan bagi peserta didik menuntut guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flipbook digital dan bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media flipbook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan partisipan peserta didik kelas IV di salah satu sekolah dasar negeri di Polokarto. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook digital menghasilkan keterlaksanaaan dengan hasil “sangat baik”. Peserta didik terlihat semangat dalam mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi yang diberikan menggunakan media Flipbook sehingga pembelajaran terbukti efektif dan efisien. Selain itu Fitur-fitur flipbook dapat merangsang antusiasme peserta didik untuk mengambil bagian dalam proses pembelajaran terbukti dengan hasil wawancara motivasi peserta didik yang menunjukkan angka 90% pada kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.