The Effect of Project-Based Learning Model Assisted by Chromebook Media on Students' Critical Thinking Skills in IPAS Lessons

Yuningsih Yuningsih, Sri Yamtimah, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

Pembelajaran IPAS membutuhkan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek yang dibantu media chromebook terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS di Kecamatan Girimarto. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 102 peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data melalui tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi (R) = 0,507, artinya terdapat hubungan linier positif antara variabel; koefisien determinasi R Square = 0,421, artinya variabel model Pembelajaran Berbasis Proyek yang dibantu media chromebook memiliki pengaruh sebesar 42,1% terhadap keterampilan berpikir kritis; dan dengan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh nilai signifikan 0,010 < 0,05 dan nilai t sebesar 2,157 > t tabel 1,660, artinya hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan penelitian adalah adanya pengaruh yang signifikan antara model Pembelajaran Berbasis Proyek yang dibantu media chromebook terhadap keterampilan berpikir kritis dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t table.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.