The Effectiveness of Project-Based Learning Model on Poetry Writing Skills in Class VI Indonesian Language Subjects in Wonogiri Sub-District Public Elementary Schools

Umi Azizah Fauzana, St. Y. Slamet, Rukayah Rukayah

Abstract

Keterampilan menulis puisi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia memerlukan model pembelajaran yang aktif, kreatif dan efektif. Salah satu upaya peningkatan keterampilan ini yaitu dengan menggunakan Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis puisi pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 67 peserta didik kelas VI di SD Negeri kecamatan Wonogiri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi (R) = 0.562 artinya ada hubungan linear positif antar variabel; koefisien determinasi R Square = 0,862, artinya model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh 86,2% terhadap efektivitas keterampilan menulis puisi mata Pelajaran Bahasa indonesia. Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,433 > t tabel 1.669, artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran kelas VI.

Keywords

Project based learning, keterampilan, menulis puisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.