The Effect of Quantum Teaching Learning Model on Critical Thinking Skills of Grade V Students

Katmini Katmini, Sarwanto Sarwanto, Sandra Bayu Kurniawan

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam proses pembelajaran, di mana peserta didik didorong untuk tidak hanya menerima informasi secara pasif, melainkan juga mampu mengevaluasinya secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode True Eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 704 dari 32 SD Negeri di kecamatan Slogohimo. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling yang berdasarkan banyaknya peserta didik setiap sekolahnya, 3 SD Negeri untuk kelompok eksperimen dengan 62 peserta didik menggunakan model Quantum Teaching dan 3 SD Negeri untuk kelompok kontrol dengan 61 peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data dengan tes uraian kemampuan berpikir kritis, yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukuran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan uji hipotesis Independent Sample t-test hasil nilai posttest diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α (α = 0,05) dan nilai t hitung 2.3478 > t tabel 1.671, artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah model Quantum Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir krtitis peserta didik kelas V SD Negeri pada kecamatan Slogohimo.

Keywords

Model Quantum Teaching, keterampilan, berpikir kritis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.