The Potential of the Reading Aloud Method to Build Students' Reading Skills

Srihandayani Ningsih, Retno Winarni, Rukayah Rukayah

Abstract

Metode Reading Aloud (RA) berperan penting dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa dengan meningkatkan pemahaman, kosakata, dan kefasihan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi metode RA dalam membangun kemampuan membaca siswa berdasarkan literatur yang ada. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan filter aliran PRISMA, menggunakan data dari penerbit Elsevier (ScienceDirect).      Analisis menggunakan sintesis kualitatif. Hasil studi terhadap 14 artikel telah dianalisis menunjukkan bahwa metode RA secara signifikan meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, termasuk perhatian, perencanaan, dan pemrosesan simultan. RA juga telah terbukti efektif dalam mengembangkan kosakata, meningkatkan pemahaman bacaan, dan memotivasi peserta didik untuk terlibat dengan teks. Selain itu, metode ini berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya implementasi metode RA yang konsisten dan terencana dalam kurikulum, serta peran penting guru dalam memilih teks yang tepat dan menerapkan strategi instruksional yang efektif selama sesi RA.

Keywords

Membaca dengan Keras, Tinjauan literatur sistematis, keterampilan membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.