The Potential of the Gamification Model in Improving Students' Creativity and Critical Thinking Skills
Abstract
Salah satu pendekatan yang dianggap memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa sesuai dengan kebutuhan masing-masing dikenal sebagai model gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris mengenai efektivitas model gamifikasi dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi dan menganalisis literatur terkait potensi model gamifikasi dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitasnya bergantung pada beberapa faktor kunci. Integrasi elemen permainan yang tepat, kombinasi dengan metode pembelajaran lain seperti PBL (Problem-Based Learning), dan pemanfaatan teknologi secara efektif terbukti menjadi aspek penting dalam keberhasilan implementasi. Namun demikian, tantangan seperti durasi implementasi, keseimbangan antara kompetisi dan kolaborasi, serta perbedaan karakteristik individu siswa perlu diperhatikan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa para pendidik harus mulai menyadari pentingnya menggunakan model gamifikasi untuk mendukung proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.