The Effectiveness of The Role-Playing Learning Model on Social Skills on The Material of Determining The Intrinsic Elements of Fairy Tales in Class VI Elementary School

Indah Setyawati, Retno Winarni, Septi Yulisetiani

Abstract

Keterampilan sosial mempunyai peran sangat penting bagi peserta didik agar mampu menciptakan komunikasi yang efektif. Keterampilan ini memerlukan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan sosial pada materi menentukan unsur intrisik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 92 peserta didik kelas VI di SD Negeri kecamatan Manyaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi (R) = 0.568 artinya ada hubungan linear positif antar variabel; koefisien determinasi R Square = 0,839, artinya model pembelajaran bermain peran memberikan pengaruh 83,9% terhadap efektivitas keterampilan sosial. Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,574 > t tabel 1.662, artinya menerima hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran bermain peran dengan peningkatan keterampilan sosial siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran bermain peran efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial pada materi menentukan unsur intrisik Dongeng.

Keywords

Model pembelajaran, bermain peran, keterampilan sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.