Analysis of Teacher Readiness in Developing E-Learning Media Based on Classpoint Application of Poetry Writing Skills
Abstract
Pentingnya keterampilan menulis puisi beririsan dengan pengembangan media pembelajaran interaktif salah satunya aplikasi classpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut kesiapan guru-guru di wonogiri terhadap pembelajaran berbasis aplikasi classpoint, ditinjau dari pengetahuan mereka terhadap media aplikasi classpoint dan pengalaman menyusun media berbasis aplikasi classpoint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratori. Penelitian ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan questionnaire melalui google form. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 54 orang guru sekolah dasar. Setelah data diperoleh, data selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru yang memahami aplikasi classpoint dengan persentase 40%, lebih dari 70% belum pernah melakukan implementasi pembelajaran melalui aplikasi class point, dan pengalaman menyusun modul power point dengan persentase 14% sehingga secara keseluruhan mayoritas guru belum memiliki pengetahuan memadai terkait media pembelajaran berbasis aplikasi classpoint, sehingga guru masih kesulitan dalam menyusun modul berbasis aplikasi classpoint
Keywords
Keterampilan Menulis Puisi, E-Learning, Aplikasi Classpoint.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.