Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Peningkatan Hasil Belajar IPAS di Kelas VI SDN Tegalayu
Abstract
Dalam pendidikan peserta didik memiliki keberagaman karakteristik seperti perkembangan kognitif, perkembangan sosial emosional, perkembangan moral dan spiritual, motivasi belajar, gaya belajar, karagaman suku hingga minat belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas VI materi rangka manusia. Penelitian melibatkan peserta didik kelas VI berjumlah 16 peserta didik yang terdiri dari 5 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan analisis hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Tegalayu. Hasil ketuntasan akhir sebesar 100% setelah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Tegalayu.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.