Penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran IPAS di kelas VI-B SDN Gonilan 02. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak peserta didik yang hasil belajarnya masih di bawah KKM pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus - 3 September 2024 di kelas VI-B SDN Gonilan 02. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sementara instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik dalam ranah pengetahuan, dengan ketuntasan meningkat dari 45% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.