Efektivitas Penggunaan Media Loose part Berbentuk Manik-manik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Membandingkan Jumlah Benda Hingga 10 pada Siswa Kelas I SDN 02 Malangjiwan

Galuh Ade Saputri, Nikmatus Sholikhah, Sari Mugiarsih, Matsuri Matsuri, Siska Putri Setyaningrum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan media Loose part berbentuk manik-manik dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep membandingkan jumlah benda hingga 10. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian kelas 1 berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes pre-test serta post-test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahapan pra-siklus dan siklus PTK (siklus 1 dan siklus 2). Dalam penelitian ini diperoleh hasil pada pra-siklus yaitu dari 28 siswa hanya 6 siswa yang mendapatkan rentang nilai 80-100, sisanya 22 siswa mendapatkan nilai dengan rentang 79-0. Pada siklus PTK (siklus 1) dari 28 siswa hanya 10 siswa yang mampu mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan 3 siswa mendapat nilai 100 dan 7 siswa mendapat nilai 80. sedangkan, 18 siswa lainnya mendapatkan nilai dibawah KKM. Sedangkan pada siklus PTK (siklus 2) setelah guru melaksanakan pembelajaran yang lebih interaktif dengan penggunaan media yang lebih konkret, mayoritas siswa mendapatkan nilai 100 sehingga tidak ada anak yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya penggunaan media Loose part dalam pembelajaran matematika   efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep membandingkan jumlah benda 1-10.

Keywords

Efektivitas, Loose part, Pemahaman Konsep, Membandingkan Jumlah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.