Peningkatan Pemahaman Penerapan Huruf Kapital dan Tanda Baca Menggunakan Metode STAD di SDN Tempel Surakarta
Abstract
Pemahaman penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tepat merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai dasar keterampilan menulis yang baik dan benar, namun dalam praktiknya masih banyak peserta didik yang belum memiliki pemahaman tersebut, salah satunya pada peserta didik kelas 2 di SDN Tempel Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, penelitian ini melibatkan 20 peserta didik kelas 2. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik untuk menguji validitas data. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada peserta didik kelas 2 di SDN Tempel Surakarta dari 35% menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap penggunaan huruf kapital dan tanda baca.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.