Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Surakarta pada Materi Pengurangan Bilangan Cacah Sampai 1000 Menggunakan Teknik Menyimpan

Annisa Adhi Satyani, Ratih Kurnia Dewi, Kurnianingtyas Wibawakusuma, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

Pencapaian belajar matematika yang rendah khususnya pada topik pengurangan menjadi pemicu diadakannya studi ini. Masalah tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan peserta didik dalam menguasai konsep pengurangan. Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa pada topik yang melibatkan operasi pengurangan bilangan cacah hingga 1000. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (PBL) menggunakan teknik pengarsipan. Penelitian ini menerapkan model siklus Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari dua siklus dengan empat langkah utama: perencanaan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi, dan dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah 26 murid di kelas IV SD Negeri Tempel Surakarta. Temuan menunjukkan bahwa pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai pencapaian belajar siswa sebesar 49,6. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 63,8, dan pada siklus II, rata-rata mencapai 88,8. Dengan penerapan model PBL, hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri Tempel Surakarta menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Keywords

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Matematika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.