Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Melalui Pendekatan Culturaly Responsive Teaching (CRT) Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Indah Muliana, Marlina Rizky Suryaningsih, Rizka Istianah, Moh Salimi, Harni Harni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan melalui pendekatan culturally responsive teaching (CRT) pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jajar Surakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas IV. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah dalam penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) peserta didik dapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia setiap siklusnya. Pada prasiklus sebanyak 3 peserta didik atau 16% yang dapat melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada post test 1 yang dilaksanakan setelah siklus 1, peserta didik yang lulus KKM mengalami peningkatan. Ada 10 peserta didik atau 53% yang melebihi KKM. Kemudian pada post test 2 yang dilaksanakan setelah siklus 2, 17 peserta didik atau 89% peserta didik melebihi KKM. Kesimpulannya penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan pemahaman isi teks bacaan peserta didik sehingga aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan.

Keywords

CRT, Teks bacaan, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.