Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas V Materi Magnet menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PROMAG
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SDN Tegal Rejo Laweyan Surakarta pada kelas V dengan jumlah 15 peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi magnet. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dibantu dengan percobaan magnet (PROMAG). Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tes akhir pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Pada tahap pra siklus, rata-rata nilai peserta didik hanya 65 dengan persentase ketuntasan 27%. Setelah siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan 67%. Pada siklus II, rata-rata nilai peserta didik mencapai 84 dengan persentase ketuntasan 93%. Kesimpulannya, penerapan model PBL berbantuan PROMAG terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi magnet. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan percobaan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.