Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Sambirejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Sambirejo dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan media video pembelajaran. Berdasarkan observasi awal, mayoritas peserta didik kesulitan memahami materi ”siklus hidup makhluk hidup”, hanya (25%) dari 28 peserta didik yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Pada siklus pertama, (71,43%) peserta didik memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 70,36. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dengan (92,86%) peserta didik memenuhi KKM dan rata-rata nilai mencapai 83,35. Penggunaan video pembelajaran membantu peserta didik memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui visualisasi. Kesimpulannya, media video efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS dan dapat diterapkan sebagai metode pengajaran yang relevan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.