Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode diskusi kelompok yang didukung media game dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pancasila di kelas V SDN Tirtoyoso. Metode penelitian yang digunakan adalah Pene
Abstract
Wordwall merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran namun juga dapat digunakan sebagai alat penilaian yang menarik bagi siswa dalam pembelajaran tatap muka. Media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar yang berbeda -beda terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Banyuagung 3 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran pemecahan masalah (PBL) dengan perlakuan di kelas menggunakan media Wordwall. Instrumen pengumpulan data hasil belajar menggunakan kegiatan pretest-postest berupa soal uraian. Sedangkan minat belajar diukur menggunakan angket dengan skala Linkert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wordwall berpengaruh terhadap minat belajar dan prestasi siswa. Indikator minat belajar tertinggi perasaan senang dengan persentase 71%. Pengaruh model pembelajaran PBL dengan strategi media wordwall pada hasil belajar sebesar 80% dengan rata-rata nilai post-test sebesar 85,5% sedangkan pada kegiatan pre-test persentase ketuntasan sebesar 73,11%. Disimpulkan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.