Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Infografis Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS di SDN Sabranglor

Silviana Nur Hamida, Rizky Fauzi Tasyakuriana, Ramadhini Rudi Santoso, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Miftah Jayanti, Siwi Handayani

Abstract

Pendidikan yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan peserta didik, terutama di era informasi dan teknologi, di mana peran guru sebagai pendidik profesional sangat krusial. Dalam konteks ini, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menjadi landasan untuk membentuk pemahaman peserta didik tentang lingkungan dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Sabranglor melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan infografis. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2, guna mengidentifikasi masalah awal dan menerapkan tindakan yang sesuai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan model PjBL berbantuan infografis membantu peserta didik untuk aktif berpartisipasi, menciptakan pengalaman belajar yang menarik, serta meningkatkan pemahaman konseptual mereka. Berdasarkan teori konstruktivisme, model PjBL dengan proyek infografis mampu menciptakan pengalaman belajar yang menarik.

Keywords

Project Based Learning, Infografis, IPAS, Penelitian Tindakan Kelas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.