Tren Penelitian Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Menengah Atas 2000 – 2024: Analisis Bibliometrik

Mufidatul Laila Mufassaroh, Soetarno Joyoatmojo, Leny Noviani

Abstract

Keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk menjawab tantangan abad 21 adalah critical thinking, creativity, communication, dan collaboration, yang dapat ditumbuhkan melalui proses interaksi antar guru dan siswa yakni salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tren publikasi penelitian model pembelajaran kooperatif siswa jenjang SMA, pola kolaborasi antar negara dan sebaran geografisnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik pada database Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahun 2000 hingga 2024, tren publikasi yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif meningkat. Negara yang mempublikasikan artikel terbanyak yakni United States dengan jumlah 111 artikel, Journal of Chemical Education menjadi jurnal yang menghasilkan artikel terbanyak yakni 131 artikel. Kata kunci yang menjadi tema terbaru terkait cooperative learning pada jenjang sekolah menengah atas yaitu learning outcomes, motivation, dan interpersonal relations. Pembelajaran kooperatif masih menjadi topik yang menarik untuk diteliti lebih lanjut khususnya dengan memperhatikan tema-tema terbaru agar menjadi sebuah kebaruan penelitian.

Keywords

blibliometrik, pembelajaran kooperatif, sekolah menengah atas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.