Membangun Sistem Monitoring yang Efektif untuk Menjembatani Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja
Abstract
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian kurikulum pendidikan kejuruan di SMK, Namun, pelaksanaannya sering menghadapi kendala, seperti komunikasi tidak efisien, pelaporan yang terlambat, dan kesulitan memantau perkembangan siswa. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan sistem monitoring PKL bertujuan mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sistem monitoring PKL yang layak digunakan bagi siswa SMK untuk menunjang aktivitas mereka. Metode penelitian riset ini adalah penelitian dan pengembangan model Alessi & Trollip. Subjek penelitian mencakup ahli perangkat lunak/media, ahli materi, dan guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode non-tes melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap uji alpha produk sistem monitoring PKL mendapat penilaian dengan kualifikasi "Sangat Baik" dari para ahli dan guru yang menjadi validator, rata-rata skor keseluruhan mencapai 94%. Merujuk hasil tersebut, disimpulkan bahwa sistem monitoring PKL berhak memperoleh kategori ‘sangat layak’ digunakan sebagai aplikasi untuk menunjang serangkaian aktivitas PKL, baik untuk guru dan siswa.
Keywords
Praktek kerja lapangan; SMK; Monitoring; Software; PKL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.