Pengaruh Kreativitas dan Perilaku Inovatif Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Sekolah Dasar Swasta di Kabupaten Serang

Megarini Eka Parmawati, Naufal Affandi, Umalihayati Umalihayati

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang tidak bervariatif, yaitu salah satunya melakukan pembelajaran dengan metode ceramah dalam kelas, tidak melibatkan siswa secara langsung dikarenakan daya kreativitas, perilaku inovatif yang masih rendah, sehingga mempengaruhi kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kreativitas, perilaku inovatif terhadap kinerja guru melalui motivasi. Penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar swasta di Kabupaten Serang dengan populasi 358 guru, sampel 189 dengan pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM- PLS), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menunjukkan bahwa motivasi berhasil memediasi perngaruh kreativitas terhadap kinerja guru dan motivasi berhasil memediasi pengaruh perilaku inovatif terhadap kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kreataivitas, perilaku inovatif terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai mediasi pada sekolah dasar swasta di Kabupaten Serang.

Keywords

kinerja guru, kreativitas, perilaku inovatif, motivasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.