Analisis Kebutuhan dan Inovasi Pembelajaran Technical Drawing dengan E-Modul Clo3D di SMK Sebagai Bentuk Kreativitas Desain Busana

Diyan Vitariyanti, Nugroho Agung Pambudi, Agus Efendi

Abstract

Pembelajaran technical drawing di SMK memerlukan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Clo3D, sebagai perangkat lunak simulasi 3D dapat dijadikan sebagai alat pembelajaran karena kemampuannya menyajikan konsep teknis secara visual dan interaktif.  Penelitian ini menggunakan mix method. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan penilaian hasil karya siswa. Hasil analisis menunjukkan penggunaan E-Modul berbasis Clo3D terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi technical drawing dengan lebih mendalam serta meningkatkan keterampilan praktis yang relevan dengan industri desain. Modul ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang interaktif, tetapi juga berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa, menjadikannya sebagai alat pembelajaran yang inovatif di SMK. E-Modul ini memiliki validitas tinggi dan secara signifikan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam technical drawing untuk busana ready to wear. Peningkatan kemampuan siswa dalam menghasilkan desain busana yang lebih inovatif dan profesional menegaskan pentingnya pengembangan E-Modul ini sebagai strategi pembelajaran yang modern dan sesuai dengan perkembangan industri.

Keywords

busana ready to wear, Clo3D, E-Modul , Kreativitas ,Technical Drawing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.