Pola Komunikasi Guru dengan Siswa Penyandang Disabilitas Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Putra Manunggal Gombong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola komunikasi verbal dan nonverba. Metode yang digunakan adalah metode eksplorasi dengan menggunakan teknik subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pola komunikasi verbal dan nonverbal oleh instruktur memiliki unsur-unsur pendukung, seperti pemanfaatan tayangan untuk memperkenalkan topik kepada siswa. Namun, terdapat juga hambatan, seperti keterbatasan indera pendengaran dan penghalang semantik serta mental. Jadi, pola komunikasi yang efektif, baik verbal maupun nonverbal, sangat penting dalam mengembangkan kemampuan belajar siswa difabel. Meskipun ada dukungan dari penggunaan visual dan tayangan, tantangan seperti keterbatasan pendengaran tetap mempengaruhi efektivitas komunikasi dan pembelajaran di SLB Putra Manunggal Gombong.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.