Model Pembelajaran Karakter di Indonesia Berbasis Teknologi untuk Melestarikan Budaya Lokal di Era Globalisasi

Salsabila Nur’aini, Yuliana Ziadatul Hikmah, Zulfa Nangimah

Abstract

Pendidikan karakter berbasis budaya lokal mulai luntur dalam kemajuan teknologi, menyebabkan individu kehilangan rasa kebudayaan atau kurang sopan santun. Artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pentingnya pendidikan karakter berbasis kebudayaan dengan teknologi, (2) mengidentifikasi nilai-nilai budaya lokal yang perlu dikembangkan siswa, dan (3) mengkaji model pembelajaran karakter berbasis teknologi untuk melestarikan budaya lokal di era globalisasi. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka. Prosedur penelitian mencakup pengumpulan dan analisis berbagai literatur terkait penerapan teknologi dalam pendidikan karakter berbasis budaya lokal serta model-model pembelajaran yang efektif. Hasil artikel menunjukkan bahwa (1) pendidikan karakter berbasis kebudayaan dapat diterapkan secara efektif menggunakan teknologi, yang membantu siswa lebih terlibat dan memahami nilai-nilai budaya lokal; (2) nilai budaya lokal yang perlu dikembangkan siswa mencakup: sopan santun, gotong royong, kejujuran, kerja keras, tanggung jawab, kepedulian sosial, dan cinta tanah air; (3) model pembelajaran karakter berbasis teknologi yang efektif meliputi Digital Storytelling, Virtual Museum, dan Interactive Apps. Integrasi teknologi dalam pendidikan karakter berbasis budaya lokal adalah pendekatan inovatif dan efektif untuk melestarikan budaya lokal di era globalisasi.

Keywords

Pendidikan karakter, budaya lokal, globalisasi, teknologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.